Rancangan RPJMD Kabupaten Cirebon Tahun 2014-2019

Sebagaimana telah diamanatkan pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJP-N) Tahun 2005-2025 dan pada Undang-undang 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa setiap Kabupaten dan Kota diharuskan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten.

RPJMD Kabupaten merupakan penjabaran dari Visi, Misi, dan Arah Pembangunan Daerah Kabupaten dari Bupati terpilih yang penyusunannya mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJP-N) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Provinsi (RPJP-Provinsi) serta Rencana Pembangunan Jangka Panjang Kabupaten (RPJP-Kabupaten). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Cirebon ini akan menjabarkan kondisi umum daerah dan prediksi umum daerah serta visi, misi, sasaran, program dan arah pembangunan daerah selama 5 (lima) tahun kedepan yaitu Tahun 2014 sampai dengan tahun 2019.

RPJMD Kabupaten Cirebon ini akan digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan Renstra SKPD, dan RPJMD akan dijabarkan kedalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sebagai dokumen perencanaan tahunan pemerintah daerah. Oleh karena itu, dokumen RPJMD ini memiliki posisi strategis karena menjadi pedoman dan referensi bagi dokumen perencanaan pembangunan daerah lainnya seperti Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan juga Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

RPJMD Kabupaten Cirebon Tahun 2014—2019 merupakan perencanaan pembangunan daerah jangka menengah yang dirumuskan secara transparan, responsif, efektif, efisien, akuntabel, partisipatif, terukur, berkeadilan, dan berkelanjutan. Karenanya RPJMD Kabupaten Cirebon Tahun 2014-2019 merupakan komitmen dan kehendak bersama dari seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Cirebon untuk mewujudkan arah atau tindakan dalam mencapai tujuan bersama.

Penentuan periode 2014-2019 dalam RPJMD ini berdasarkan pada periode Masa Jabatan Bupati Cirebon yang dilantik pada tanggal 19 Maret 2014. RPJM Daerah ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 paling lambat 6 (enam) bulan setelah Kepala Daerah dilantik.

Download Rancangan RPJMD Kabupaten Cirebon Tahun 2014-2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *