Panduan E-Planning Modul Perencanaan SIPKD

eplanning

Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pemerintahan dibutuhkan integrasi Proses bisnis instansi ke dalam Sistem Informasi yang menciptakan efisiensi dan efektifitas dalam pelayanan. Implementasi e-Government di pemerintah daerah juga merupakan salah satu upaya untuk menciptakan transparansi dan peningkatan layanan publik untuk menjawab kebutuhan birokrasi dan administrasi di Pemerintah Daerah. Pengembangan sistem informasi juga dapat meningkatkan pengambilan keputusan (decision making) yang terkait dalam perencanaan pembangunan daerah. 

Terkait dengan tugas Bappeda sebagai aparatur perencana pembangunan diperlukan sistem informasi untuk mengimplementasikan proses bisnis dalam perencanaan pembangunan yang mampu mendorong peningkatan kinerja instansi, kemudahan pelaporan, mempercepat durasi penyelesaian dan meningkatkan akurasi data. Modul perencanaan ini merupakan salah satu modul dari Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) yang secara proses bisnis telah menerapkan seluruh tahapan yang ada dalam perencanaan pembangunan seperti Musrenbang Kecamatan, Forum SKPD, Musrenbang kabupaten, RKPD, KUA dan PPAS.
Modul ini memiliki berbagai fitur yang dapat membantu para pemangku kepentingan dalam merumuskan perencanaan pembangunan. Melalui pengaktifan aplikasi perangkat lunak ini diharapkan terbangun integrasi antara proses bisnis perencanaan dan proses bisnis penganggaran yang dapat digunakan oleh para pemangku kepentingan yang terlibat dalam perencanaan pembangunan daerah.

Download MANUAL APLIKASI MODUL PERENCANAAN utk SKPD

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *