Pra Musrenbang Kecamatan 2015

IMG_20150209_115152Pada tanggal 2-11 Februari 2015 dilaksanakan Pra Musrenbang Kecamatan di 40 Kecamatan di Kabupaten Cirebon. Pra Musrenbang Kecamatan menjadi wadah curah pendapat secara aktif dan transparan sebelum pelaksanaan Musrenbang Kecamatan. Para tokoh masyarakat, perwakilan desa, kuwu, tokoh pemuda dan masyarakat hadir untuk menyampaikan usulan-usulan yang akan bersumber dari dana Pagu Indikatif Kecamatan. Rumusan PIK dilakukan dengan pendekatan ilmiah. Rumusan besaran PIK dihitung berdasarkan parameter, variabel yang merujuk pada pencapaian IPM. Pola bobot, skor dan indeks menjadi formula untuk menentukan besaran PIK setiap kecamatan.

Setiap usulan yang diajukan melalui musrenbang kecamatan akan dihitung secara teknis oleh setiap SKPD yang berwenang. Usulan yang berasal dari desa harus mengacu pada standar pembiayaan dan petunjuk teknis yang ditetapkan. Penghitungan teknis ini akan dilakukan secara berjenjang dan ketat mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten.

Pagu indikatif kewilayahan yang dialokasikan sebagai upaya untuk memberikan “kepastian” penyelesaian bagi permasalahan pembangunan di wilayahnya. Dengan model musrenbang PIK ini, masyarakat dapat bersemangat kembali mendatangi forum-forum musrenbang daerah. Ada harapan baru bagi masyarakat untuk bisa mengajukan usulan program yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang secara riil dihadapi oleh masyarakat.

Download Format Musrenbang tahun 2015

2 comments

  • Assalamu’alaikum warrahmatullahi wa barrakatuh

    sebelumnya punten pada admin
    perkenalkan nama saya Mohamad Arifin
    hampir 5 tahun terakhir di daerah saya Desa Pasindangan terutama daerah pinggir pantai, atau muara sungai banyak timbunan sampah plastik yang sudah menggunung (bukit sampah) mohon di cek pak.

    daerah aliran sungai Tangkil (DAS) yang membelah wilayah kota dan kecamatan Gunung Jati dangkal, belum lagi di bagian muara pemecah ombaknya lebih panjang daerah kota ketimbang daerah kami. dan di daerah pantai kesenden di bagian muara dibuat senderan beton yang dulunya sampah numpuk di daerah itu ketika air pasang sampah menuju ke laut lalu mendarat ke daerah kami.

    sedangkan di daerah kami sedang diadakan penanaman mangrove untuk hutan wisata. mohon untuk admin untuk bisa sampaikan keluhan saya kepada Bapak Bupati atau Dinas terkait untuk menghilangkan sampah dan mencegah datangnya sampah kembali entah dengan pengerukan dan pembuatan pemecah ombak leter (L) seperti di gebang, mohon untuk di prioritaskan karena ini menyangkut perbatasan wilayah antara kecamatan Gunung Jati dan Kota.

    saya juga selaku Ketua Karang Taruna Desa Pasindangan sangat mendukung dan berterima kasih jika ini dapat respon dan prioritas pembangunan. karena saya menginginkan desa saya menjadi desa wisata bahari dengan hutan mangrove, dan dengan adanya pemecah ombak kami juga berencana :
    1. membuat wisata air (perjalanan dengan perahu),
    2. tambak ikan laut apung
    3. tempat pemancingan laut
    4. tempat pembenihan, penanaman, pengawasan tanaman mangrove
    5. budidaya kepiting soka
    6. lahan parkir.
    tentunya akan menyerap tenaga kerja karena banyak pemuda di desa kami tidak mempunyai pekerjaan baik yang putus sekolah ataupun lulus sekolah.

    Tentunya semua yang saya tulis ini demi desa Pasindangan. saya hanya salah satu orang yang punya keinginan dari masyarakat yang dari dulu menginginkan desa Pasindangan jadi desa Wisata.

    sekian dari saya mohon di sampaikan kepada Bapak Bupati Sunjaya Purwadi Sastra.

    wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarrakatuh

    Mohamad Arifin
    Jl. Sunan Gunung Jati No.28 RT.03 RW.02 Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon
    kode pos 45151 Telp. 082318871783

    • untuk acara musrenkec Gunungjati sebenarnya sudah dilaksanakan tgl 18 feb 2015 dan sudah ada kesepakatan usulan yang bisa diketahui di Kantor Kec Gunung Jati….namun usulan bapak tetap akan kami sampaikan kepada tim Musren Kec Gunung Jati yang menangani kecamatan Gunungjati agar dapat diketahui tim…terima kasih banyak atas masukannya pak….wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *