Forum BP3IPTEK Jabar

Kapasitas Pemerintah dan Pemerintah Daerah perlu untuk dikembangkan pemahamannya tentang esensi dari hubungan Pemerintah dan Pemerintah Daerah yang efisien dan efektif melalui penelitian dan pengembangan terkoordinatif. Diperlukan adanya suatu pengembangan atau terobosan baru dalam pola penyelenggaraan kebijakan pelayanan publik untuk mengubah mindset dari pelaksana sektoral maupun regional, menjadi kebijakan yang berlandaskan pada hasil penelitian dan pengembangan (POLICY IS BASED ON RESEARCH (KNOWLDEGE).

Penguatan kelembagaan litbang diperlukan Pengembangan kapasitas Pemerintah Daerah untuk dilakukan dengan 3 (tiga) konsentrasi penting, yaitu:
1. Individu.
2. Lembaga.
3. Sistem.
Dengan demikian, kebersamaan dituntut mulai dari proses formulasi perencanaan, pelaksanaan sampai pada pembinaan dan pengawasan.

Inovasi DAERAH Itu Sangat Penting dan harus didukung oleh:

1. Komitment  politik melalui Peraturan Perundangan.

2. Komitment pendayagunaan penataan ekonomi daerah yang baik bagi pengembangan ekonomi lokal yang berkesinambungan.

3. Komitment meningkatkan kecerdasan masyarakat melalui Pengembangan IPTEK untuk menjadi daerah yang berprestasi.

4. Komitment meningkatkan kerjasama baik nasional  maupun regional untuk difusi dan alih teknologi  dengan upaya mengikut sertakan partisipasi masyarakat.

5.Komitmen meningkatkan SDM yang terdidik, kreatif dan terampil.

6.Komitment meningkatkan pemanfaatan potensi/produk unggulan dgn memberikan nilai tambah bagi masyarakat yang berorientasi lingkungan hidup berkelanjutan.

7.Komitment meningkatkan kapasitas daerah  untuk berdaya saing sehingga tercipta Investasi Daerah yang optimal.

PAPARAN KABAN ttg INOVASI P3IPTEK 

2 comments

  • untuk permasalahan limbah domestik batu alam di Dukupuntang, kami LPPM Stei Al-Ishlah Cirebon siap bekerjasama dalam penelitian dan implementasi IPAL dan pengolahan limbah untuk industri yang bernilai ekonomis hingga pendampingan. SDM kami memiliki background pendidikan dari Itenas, IPB, Unpad yang capabel pada bidang tersebut. demikian, atas perhatian terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *