Workshop SIPD dan Satu Data Pembangunan Jabar

sipd_jabar

Pada tanggal 4-6 November 2015 bertempat di Ruang Soehoed Warnaen – Bappeda Provinsi Jabar, dilaksanakan Workshop Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Tahun 2015. Salah satu latar belakang diselenggarakannya kegiatan ini adalah karena belum optimalnya integrasi data perencanaan pembangunan yang bersumber dari OPD prov, kab/kota dan instansi vertikal. Selain itu, terdapat ketidakseragaman tolok ukur (indikator) format data, tahapan pengelolaan data serta sistem penyajian, sehingga menyulitkan integrasi data.

Pengembangan SIPD merupakan tindak lanjut dari Kebijakan Kemendagri No. 8 tahun 2014 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Kesimpulan Workshop Aplikasi Sistem Informasi Daerah (SIPD) adalah:

a. SIPD bertujuan untuk meningkatkan kualitas perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah melalui penguatan data dan informasi pembangunan daerah yang akurat, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan.

b. SIPD bertujuan untuk mengoptimalkan pengumpulan, pengisian, evaluasi serta pemanfaatan data dan informasi pembangunan daerah melalui SIPD.

c. Workshop ini bertujuan untuk mensosialisasi pengintegrasian antara SIPD dan SDDKN sesuai mandat regulasi UU No. 23 Tahun 2014.

d. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian pengelola Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

Untuk Kabupaten Cirebon, pengisian SIPD hampir sama dengan pengisian website Simbangda Bappeda http://simbangda.cirebonkab.go.id, sehingga beberapa data yang telah terisi di Simbangda dapat dipindahkan ke http://sipd.bangda.kemendagri.go.id.

Download paparan kepala bappeda provinsi tentang SIPD Paparan Ka. Bappeda Prov. Jabar Workshop Aplikasi SIPD

 

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *