Musrenbang Kecamatan Tahun 2020

Musrenbang kecamatan  yang  dilaksanakan pada kesempatan hari ini, merupakan tahapan dari  mekanisme perencanaan pembangunan daerah. forum ini merupakan wadah permufakatan yang sangat strategis bagi berbagai pemangku kepentingan antara masyarakat dan pemerintah daerah. Selain itu, terpilihnya kepala daerah baru pada tahun 2018 yang lalu membawa konsekuensi pada daerah untuk menyusun RPJMD yang baru dengan menyesuaikan visi misi kepala daerah terpilih. Penyusunan RPJMD sendiri akan dimulai setelah bupati dilantik berdasarkan Permendagri nomor 86 tahun 2017 pasal 147 ayat 2 dan 3, bahwa bagi daerah yang belum memliki RPJMD penyusunan RKPD 2020 berpedoman pada arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD 2005-2025 dan akan menjadi bagian dari RPJMD 2019-2024.

Sementara pada ranah sistem pemerintahan  terjadi dinamika dengan adanya  berbagai regulasi baru yang berkonsekuensi pada perubahan arah strategi dan kebijakan. Menyikapi hal tersebut, saya berharap melalui  musrenbang kecamatan ini dapat menjadi media komunikasi antara  pemerintah  daerah dan masyarakat guna merumuskan keterpaduan dan sinergitas prioritas program dan kegiatan sesuai dengan isu-isu strategis pembangunan, visi dan misi pemerintah Kabupaten Cirebon.  Dengan demikian, saya meminta agar seluruh  pemangku kepentingan  mampu merumuskan  prioritas  program dan kegiatan pembangunan secara cermat, berkeadilan, dan tetap mengacu  pada peraturan perundangan yang berlaku.

Berdasarkan capaian indikator makro dan hasil evaluasi pelaksanaan program pembangunan kabupaten cirebon tahun sebelumnya, isu-isu strategis pembangunan yang masih kita hadapi saat ini adalah :

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
  2. Meningkatkan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi
  3. Optimalisasi penanganan kemiskinan
  4. Penyediaan infrastruktur wilayah
  5. Reformasi birokrasi
  6. Meningkatkan kualitas lingkungan hidup
  7. Kondusifitas wilayah

Untuk menjawab isu-isu strategis di atas, kita harus melakukan langkah-langkah terobosan dan kerja cerdas dalam mengoptimalkan sumber daya yang tersedia sebagai upaya percepatan mengejar berbagai ketertinggalan dari daerah lain.

Adapun tema pembangunan pemerintah daerah kabupaten cirebon tahun 2020 adalah   “memacu pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan kabupaten cirebon”

 

Adanya undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah beserta peraturan turunannya telah berubah konstelasi kewenangan dan pembiayaan pembangunan. Pemerintah desa diberikan dana desa untuk melaksanakan pembangunan di desa sesuai dengan kewenangannya, melalui forum ini diharapkan mewujudkan kesesuain antara program pemerintah desa dengan program prioritas pemerintah kabupaten cirebon sehingga mampu mensinergikan arah pembangunan di kabupaten cirebon.

Dengan menggerakan seluruh potensi sumber daya yang ada, saya mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan agar bisa berpikir jernih, cerdas, dan realistis untuk mencapai mufakat dalam merumuskan program dan kegiatan prioritas pembangunan yang menjadi isu strategis dan program prioritas di wilayah kecamatan untuk mendukung pembangunan daerah tahun 2020.

“ Selamat Bermusyawarah “

Paparan Musrenbangkec 2020