Pengaduan Masyarakat

Pengaduan masyarakat terkait pembangunan daerah di Kabupaten Cirebon mohon agar dapat disampaikan melalui email berikut:

bappeda@cirebonkab.go.id

 

71 comments

  • sarana penerangan jalan banyak yang tidak layak, baik itu di sepanjang jalan , bahkan diperumah2an, padahal pajak penerangan jalan ada, kenapa tidak di tindak lanjuti, berkali-kali komplen tidak ditindak lanjuti, dengan dalih besok, entah kapan besoknya…jadi kami sebagai masyarakat harus komplen kemana? apa ke PLN, tapi dari pihak PLN itu bilang bukan kewenagan-nya, dan katanya Dishub yang naganinya, jadi dishub bagian mana? sampai sekarang tidak ditindaklanjuti… mohon jawabanya , dan realisasinya ditunggu masyarakat…itukan abdi masyarakat. terimakasih.

  • Terima kasih utk masukannya pak, secara spesifiknya lokasinya dimana pak ? Utk penerangan jalan umum (PJU) memang setiap tahun ada pengadaannya, rencana pengadaan PJU dilakukan oleh Dinas Perhubungan di Bidang Lalu Lintas dari jumlah titik dan lokasinya… untuk ajuan tahun 2016 terdapat ajuan pembangunan PJU di Kabupaten Cirebon sebanyak 1347 buah …mohon kiranya bila lokasi bapak memang memenuhi syarat pembangunan PJU coba diajukan ke Dinas Perhubungan, Bidang Lalu Lintas…

    Terima kasih

    Admin

  • di desa saya desa winong kecamatan gempol kabupaten cirebon, APBEDES thn 2013 pelaksanaan 2014 masi banyak yg belum di kerjakan sedangakan anggaran APBEDES thn 2014 pelaksaan 2015 sampesekarang sama sekali blm ada pelaksanaan. Sekarang mau ada lelang tanah titisara lg,mau dibodohin apa lg masyarakat desa winong dan Kemana masyarakat desa winong kecamatan gempol kabupaten cirebon harus mengadu ?….., semua anggaran hasil lelang tanah titisara kemana semua,anggaran pengudikan air, penikusan ,pembangunan dusun lenyap

  • Tolong bapak, ibu yang terhormat bantu masyarakat desa winong kecamatan gempol kabupaten cirebon

  • PJU dibelakang Bandara Chakrabuana Penggung Cirebon tepatnya sebelum pintu masuk Pos TNI AU sudah lama mati, mohon pihak terkait untuk segera memperbaikinya karena posisi tersebut sangat dekat dengat tikungan jalan sehingga sangat membahayakan karena kondisi gelap. Terimakasih.

  • pembangunan pengurukan lahan di jalan sultan ageng Tirtayasa sangat merugikan kami sebagai warga pemukiman kedawung regency 3 , karena pembangunan tersebut menutup saluran air hujan kami khawatir nantinya akan terjadi banjir bila musim hujan , sudah dilakukan mediasi belum ada titik temu , , dan pembangunan tsb hingga saat ni tgl 11 september 2015 belum berijin

    • MASYARAKAT PAMENGKANG AKAN DIRUGIKAN MILYARAN RUPIAH DARI PELEPASAN TANAH NEGARA (ASET DESA PAMENGKANG) YANG AKAN DI BANGUN PERUMAHAN

      PELEPASAN TANAH NEGARA (TN) PAMENGKANG SELUAS KURANG LEBIH 7HEKTAR MURNI PELEPASAN TANAH NEGARA ASET DESA PAMENGKANG BUKAN TANAH MILIK,…SEKALI LAGI BUKAN TANAH MILIK.

      KALAUPUN ADA BERITA ACARA DARI PEMERINTAH DESA / TEAM PANITI PELEPASAN TN MEMBUAT BERITA ACARA MENJADI TANAH MILIK BERARTI SUDAH MANIPULASI BERITA ACARA.

      TIDAK ADA TANAH MILIK YANG DIJUAL SEJUMLAH 7HEKTAR, YANG ADA TANAH (TN) ASET DESA HAK GARAP WARGA YANG DI MOHON MENJADI SERTIFIKAT UNTUK MENJADI HAK MILIK DAN KEMUDIAN SETELAH JADI SERTIFIKAT DI LELANG KE DEPELOVER SECARA TIDAK TRANSPARAN OLEH SEKELOMPOK ORANG DAN PEMERINTAH DESA.

      SEMOGA PEMERINTAH DESA DAN TEAM 12 SEGERA INSYAF MENDAPAT KEBERKAHAN DARI ALLAH SWT.

      PA BUPATI CIREBON YANG TERHORMAT, DITUNGGU YA KEDATANGANNYA DI DESA PAMENGKANG 1 MINGGU KE DEPAN KARENA INI URGENT, KAMI BPD & WARGA PAMENGKANG MENANTI DAN MERINDUKAN PEMERINTAHAN DI KABUPATEN CIREBON BERDAULAT, ADIL DAN MAKMUR SESUAI DENGAN DENGAN KEINGINAN KITA BERSAMA

    • Mohon untuk diverifikasi mengenai kewenangan pembangunan saluran tersebut apakah berada di Jalan Kabupaten? Karena hanya saluran air yang berada di Jalan Kabupaten yang dapat kami fasilitasi lewat ABPD Kab..

  • lokasi pengurukan tersebut adalah disamping belakang kedawung regency 3

  • kami sebagai warga melalui developer di kedawung regency 3 sudah mengajukan protes melalui surat ke beberapa instansi terkait dan sudah dilakukan peninjauan lapangan mohon , segera dapat difasilitasi mediasi lewat pemkab cirebon

  • Assalam’ualaikum Wr. Wb.
    Kpda instansi terkait mohon di tindak lanjuti,
    1. PJU yg di desa kami Ujunggebang Kec. Susukan Kab.Cirebon dri thun 2005 tidak ad perawatan sehingga banyak yg padam, padahal di rekening listrik kami tiap bulan ad pungutan(PPJU).
    2. Masalah Sanitasi, di dsa kami blm ad Normalisasi Solokan, mka tak elak jln protokol/dpn balaidesa sllu jd langganan banjir setinggi lutut org dewasa, kpda Bpk/Ibu yg terkait kami sangat2 memohon utk di tindak lanjuti, ats perhatianya kami ucapkan sangt2 terimakasih.

    • 1. Untuk pengajuan PJU mohon dapat disampaikan ke Dinas Perhubungan, Bidang Lalu Lintas melalui proposal secara resmi..

      2. Untuk masalah sanitasi/solokan, bila berada di jalan desa maka kewenangannya Dinas Bina Marga Kabupaten Cirebon, namun bila jalan desa maka kewenangan Pemerintah Desa bisa lewat Anggaran Dana Desa..

  • coba tolong cek jalan kajengan desa bulak yg telah dilaksanakan pengaspalan baru dibenerin udah pda retak semua and bolong

  • arah dari jorogan tol kajengan masuk kekiri desa bulak coba tolong perhatikan segera

  • Terima kasih, utk seluruh masukkannya sudah kami sampaikan kepada pimpinan kami untuk rekomendasi evaluasi pada kegiatan di SKPD bersangkutan yang menangani…

  • Selamat Siang Bapa dan Ibu.

    Saya atas nama Masayarakat Desa Karang Malang ,Kec. Karang Sembung, Kab.Cirebon Ingin menyampaikan permohonan Implementasi Hak kami yang sudah di bayarkan melalui PPJU 3 % dalam tagihan Listrik , dapat di realisasikan .
    Di jalur jalan Desa dari Karang Mekar Menuju Desa Karang malang dan di dalam Jalan Desa Karang Malang kalo malam gelap sekali , sering terjadi kecelakaan dan rawan kejahatan, dikarenakan banyak aktivitas di malam hari pedagang dan pekerja .
    perlu di ketahui , Asumsi kami membayar PPJU 3 % adalah Rp. 3.750.000 per bulan , jika permohonan kami di pasang 12 titik Lampu penerangan hanya memerlukan biaya Rp. 845.000 atau 22.5% nya saja . silahkan sisanya untuk P A D kabupaten Cirebon.
    Kami hanya sekedar menuntut Hak kami yang telah kami bayarkan untuk kepentingan Rakyat di Desa Karang malang.
    Demikian, mohon tindakan nyata dari Dinas Perhubungan bidang Lalulintas untuk segera memasang Lampu Penerangan.
    Terimakasih banyak atas Kerjasamanya. Kami akan teruss berupaya jika belum terpasang.

    Salam Rakyat Karang Malang.
    H.Satari

    • Terima kasih atas masukkannya, pak. Untuk pengelolaan Penerangan Jalan Umum (PJU) dikelola di Dinas Perhubungan . Mohon bapak dapat menyampaikan keluhan bapak secara langsung ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon…

  • Mohon minta penjelasan nya tentang proses pembuatan KTP baru…..?

    Apakah pembuatan KTP baru itu dikenakan biaya ?

    Berapa lama peoses pembuatan KTP baru ?

    Terimakasih.

    • Terima kasih atas pertanyaannya, sejauh yang kami tahu tentang pengurusan KTP adalah kewenangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kab Cirebon, namun akan kami coba jelaskan dibawah ini. Sebelum membuat KTP, kita harus membuat kartu keluarga yang mencatatkan nama kita di dalamnya. Bila KK sudah selesai maka bisa langsung mengurus KTP dengan langkah-langkah sebagai berikut:
      a. Langkah pengurusan KTP dimulai dari membuat surat pengantar dari RT, RW, Desa/Kelurahan yang kemudian disampaikan ke Kecamatan.
      b. Di kecamatan kita bisa mendapatkan pelayanan perekaman KTP dimulai dari perekaman retina mata, sidik jari, foto dan entri database.
      c. Setelah itu, data yang sudah direkam di Kecamatan akan di verifikasi instansi pusat, bila data tersebut valid maka bisa di cetak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kab Cirebon.
      d. Proses Pencetakan KTP bila telah divalidasi dan benar, bisa dicetak dalam 1-2 minggu.
      e. Namun, kalau data perekaman tidak valid maka bisa jadi proses pencetakan akan tertunda.
      f. Biaya pengurusan KTP berdasarkan keterangan dari Disdukcapil adalah gratis.

      Untuk mengantisipasi keterlambatan pencetakan kita bisa mengecek hasil perekaman data di Disdukcapil, bahkan kita bisa juga mengurus pencetakan KTP sendiri di Disdukcapil dengan berbekal surat pengantar dari Kecamatan.

      Informasi lebih lanjut bisa menghubungi dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Cirebon di Kota Sumber atau di websitenya dengan alamat
      http://disdukcapil.cirebonkab.go.id

  • Assalamualaikum Wr.Wb.
    Saya selaku wong cirebon asli telah terganggu atas kemacetan parah setiap hari dari jalan kedawung sampai plumbon begitu juga sebaliknya.
    Akibat para wisatawan lokal yang sering parkir di bahu jalan / pasar pasar / tradisi adat tahunan.
    Saya dan para pengguna jalan raya plered resah terhadap kemacetan yang terjadi sepanjang jalan kedawung sampai plumbon karna waktu saya terbuang siasia.

    Apakah pemerintah kab.cirebon khusus nya untuk menanggulangi kemacetan ini serta tidak mengurangi para wisatawan lokal / mancanegara ataupun merugikan suatu kelompok pedagang dan masyarakat sekitar .

    USUL :
    Apa perlu sepanjang jalan kedawung – plumbon dikin FLAYOVER / jalan layang ? sehingga mobil truck / continer / buss dll bisa melintas di atas sehingga tidak menganggu para pengguna / masyarakat sekitar dan wisatawan.

    Apakah ada program lain pemerintah kab.cirebon untuk mengatasi masalah ini ?

    Tolong sampaikan pesean saya ini kepada Bpk.Sunjaya yang terhormat,
    Tolong juga program apapun itu untuk mengurangi kemacetan dan bisa mewujudkan kota cirebon yang indah sehingga wisatawan masuk ke kota cirebon dengan nyaman. apapun itu programnya dan tidak merugikan masyarakat dan tidak KORUPSI saya mendukung anda.

    Teriamakasih atas perhatiannya.

    Wallaikumsalam Wr.Wb.

    • Ok, terima kasih atas masukannya, pada dasarnya kami sangat mengapreasiasi masukan ini. Sejauh ini, jalan kedawung-Plumbon adalah jalan provinsi sehingga menjadi kewenangan provinsi Jawa Barat untuk membangunnya.Namun, untuk jalan2 kabupaten yang ada diluar jalan provinsi Kedawung-Plumbon memang kewenangan Kabupaten dan ditangani oleh Dinas Bina Marga. Ada baiknya dikonsultasikan dengan Dinas Bina Marga Kabupaten Cirebon apakah ada rencana peningkatan jalan di sekitar ruas jalan ini.

  • Assalamualaikum wr.wb

    Tadi saya baca media online bahwa kota cirebon di sebut kota tilang.
    bahkan sudah lama juga saya mendengar bnyak orang pendatang bahkan saya sendiri yang kebetulan lewat kena tilang, dan saat ini sudah masuk media online membuat saya malu sebagai orang cirebon..
    Berikut link nya : https://www.brilio.net/news/kota-tilang-sebutan-baru-untuk-cirebon-ini-bukti-menurut-netizen-160131j.html

    tolong untuk oknum oknum seperti ini harus di tegaskan agar para wisatawan nyaman di kota cirebon….
    saya selalu melapor ke sini setiap ada masalah dengan kota cirebon, karena saya tidak mau kota saya jelek dimata orang lain.

    Teriamaksih.
    Wallaikumsalam wr.wb

  • Saya deny hardyanto warga komplek griya caraka kelurahan kalikoa kecamatan kedawung kabupaten cirebon. Ingin menanyakan perihal biaya pembuatan surat domisili apakah di kenakan biaya hingga Rp. 250.000 di kantor kelurahan?karena saya membuat surat domisili di kelurahan dikenakan biaya sebesar Rp. 250.000…apakah ini ada dasarnya untuk biaya administrasi yang bagi saya cukup besar…terima kasih dan mohon bantuannya.

    • Untuk biaya administrasi pengurusan surat domisili di desa pada dasarnya kewenangan pemerintahan desa, namun bila memang ada pungutan/retribusi seharusnya aparat desa bisa menunjukkan peraturan desa (perdes)/peraturan lainnya yang mengatur pungutan/retribusi ini dan peraturan ini secara transparan bisa ditunjukkan ke masyarakat. Bila tidak ada dasar peraturan sama sekali bisa jadi ini pungutan liar.

      • Terima kasih atas respon dan informasi nya. Dan juga ingin menanyakan, apakah dana retribusi tersebut bisa sampai sebesar Rp. 250rb atau ratusan ribu…? Karena ini bisa memberatkan warga atau masyarakat. Karena besaran tersebut tidak logis jika hanya membuat surat domisili…dan apakah ada ketegasan untuk permasalahan ini…karena jika yg mengurus surat seperti ini orang yang perekonomian menengah kebawah sangat2 memberatkan…mohon agar kiranya bisa di tindak lanjuti di setiap kelurahan atau kecamatan agar ada kejelasan soal biaya administrasi dan kemana kita sebagai warga/ masyarakat harus mengadukan permasalahan ini agar ada tindak tegas soal pungli tsb. Terima kasih…

        • Untuk pengaduan masalah ini mohon dapat disampaikan dengan surat resmi ke : Inspektorat Kabupaten Cirebon, Jl. Sunan Kalijaga No. 2 , Kota Sumber, Jawa Barat, 45611

  • apakah benar akan ada pembangunan lagi,PLTU tambahan di kanci kabupaten cirebon. kalau ada kapan pelaksanaannya

    • Sepengetahuan kami memang ada penambahan kapasitas PLTU di kanci Astanajapura, dan perijinan investasi dari PLTU ini sudah tercatat di BPPT Kabupaten Cirebon pada tahun 2015. Rencana pembangunannya dimulai 2016…untuk lebih lengkapnya dapat menghubungi pihak PLTU Kanci di Kec.Astanajapura..

      • Untuk bapa-bapa ibu-ibu tolong berantas pungli e-ktp di daerah kec: astanajapura, para pamaong Desa tidak mau membatu memproses pembikinan e-ktp dan KK kalo tidak ada membayar sejumlah uang

  • selamat siang Bpk/Ibu Bappeda.

    dengan ini saya mau bertanya, berapa lama Pembuatan E-ktp di daerah Kab. cirebon, Kec, waled, desa cibogo ??
    dikarenakan ketika saya bertanya berapa lama pihak pemerintah desa bilang kurang lebih 2 bulan ,
    Sedangkan untuk lama waktu pencetakan KTP sesuai dengan Pasal 69 Ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, dijelaskan bahwa: lnstansi Pelaksana atau Pejabat yang diberi kewenangan, sesuai tanggung jawabnya, wajib menerbitkan KK atau KTP paling lambat 14 (empat belas) hari

    demikian keluhan saya warga cirebon, saya mohon agar proses pembuatan e-ktp sesuai dengan UU yang berlaku.

  • tolong p dishu…lampu pju d daerah kanci sampai buntet desa kpn d ganti” sdh 2 bln mati/rusak….mksh

  • Terima kasih utk pengaduannya..

    website dishub dapat diakses di alamat ini http://www.cirebonkab.go.id/dishub/

  • assalaamu’alaikum..

    Minta tolong diperbaiki Jl.Gebang – Ciledug – Jl. Raya Pangeran Sutajaya – jati seeng pabuaran. Banyak lubang, jalanan rusak, berdebu, sudah bertahun-tahun tidak ada perbaikan. Dan juga tolong ditertibkan para pengendara motornya, agar selalu memakai helm. Tolong ditindak bagi para pelanggar.

  • Saya dan ibu saya berencana berangkat ke surabaya dengan menaiki salah satu bis tujuan cirebon-probolinggo,via surabaya 2 juli 2016. Layaknya penumpang yang menunggu keberangkatan bis semua berjalan normal,bis parkir 15 menit di terminal harjamukti cirebon untuk mencari penumpang.sampai akhirnya bis hendak di berangkatkan,naiklah 2org pria (satu postur tinggi agak gendut dan yang satu kurus kecil) awalnya kita mengira mrk akan mengamen,tapi lama kelamaan mereka berpidato layaknya kampanye partai politik,ujung2nya minta duit maksa. Sontak bagi seorang wanita spt ibu sy pasti akan sangat ketakutan,yang saya sesalkan knp dishub cirebonasoh blm bisa memberantas preman2 ini??? Lebih menyesalkan lg awak bis terasa membiarkan hal ini terjadi,spt tidak memberikan perlindungan kepada penumpang! Mana nih yg katanya akan membangun citra terminal harjamukti yg lebih baik kalau untuk urusan spt ini aja blm bisa selesai,kami sbg penumpang merasa bkn kenyamanan yg kami dapat tapi rasa takut yg kami rasakan. Terminal purabaya surabaya yg segitu besarnya saja bs memberantas preman ms terminal harjamukti ga bisa bos?? Tolong pak kepala dishub dan pak kapolres atau aparat terkait jng diam aja cm bs memberikan jawaban ‘kami sudah melakukab yg terbaik’ yg terbaik adalah kl memang kami dr para penumpang merasa nyaman berkunjung ke terminal yg katanya kota santri gunung jati,makasij

  • Mlm pak/bu.keluarga kami memiliki tanah didaerah banjar seluas 1hektar dkt perumahan taman hasna.akhir2 ini kami ddatangi org yg mengaku dari desa banjar dan mau membeli tanah kami. seharga 90rbu/m tp kmi menolak karena menurut kami terlalu murah.tp mereka tetap memaksa walaupun kami tidak mau menjual.akhirny mereka datang lgi dan mau membeli sebagian tanah kami dbagian dpn dgn hrga 150rbu/m katany untk dbikin jln akses ke tol.pertanyaan saya apakah memang itu jln umum untk msyarakat desa atau hanya untk warga perumahan taman hasna karena ada kbr mau pembebasan tanah seluas 18h yg termasuk tanah kami.tksh tlong dbls ke email saya tksh

    • Untuk jalan setingkat jalan lingkungan perlu ditanyakan ke Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Pak, …sedangkan untuk pembangunan jalan kabupaten harus ditanyakan ke Dinas Bina Marga sesuai kewenangan mereka Pak.. saran kami untuk menanyakan surat resmi dari DCKTR atau Dinas Bina Marga terkait pembangunan jalan tersebut dan meneliti keaslian suratnya dengan konfirmasi ke dinas terkait..

  • FACHRUR ROZY AKBAR

    Yth.Bapak/Ibu bappeda
    saya Fachrur Rozy Akbar warga Kanci-Astanajapura tepatnya di sekitar PLTU II
    kemana kami bisa menyampaikan semua keluhan kami untuk masalah pembangunan proyek pltu?
    dan sejauh ini kami warga sekitar BELUM PERNAH MENDAPATKAN/MENANDATANGANI SURAT IZIN TETANGGA MENGENAI PEMBANGUNAN PLTU II
    kemudian kami MENUNTUT HAK KOMPENSASI atas efek getaran alat berat yg beroperasi, karena TEMBOK RUMAH kami retak!
    kami sudah berbicara kepada aparatdesa tp sampai saat ini tidak ada respon

  • ari angga prabowo

    Assallamuallaikum
    Pa bupati yg terhormat,mohon ini di tindak proses pembuatan e-ktp di desa palimanan timur,kec.palimanan kabupaten cirebon

    Karna pada saat saya meminta surat rekomendasi dr desa,ternyata staff beserta kuwu di desa ini,tidak ada pada saat jam kerja,

    Sekian dan terima kasih

    Wassallam

    • memang utk disiplin kepegawaian di lingkup desa masih sulit kita tangani karena tidak berada dibawah Badan Kepegawaian Pendidikan & Pelatihan Daerah (BKPPD) ..

      berbeda dengan dinas & SKPD yang berada dibawah kontrol BKPPD seluruh pegawai sudah menerapkan sistem absensi fingerprint pagi dan sore..

  • Assalamu’alaikum…….
    Saya lg ngurusin surat pindah di desa asem kecamatan lemahabang, waktu saya tanyain sama aparat desa, katanya biaya administrasinya 100rb.
    Tapi sudah satu minggu surat pindah itu belum kuga jadi, padahal surat pindah tersebut mau secepatnya d gunakan.
    tolong segera di tindaklanjuti, soalnya pelayanan masyarakat d desa saya terkenal menyepelekan sebelum ada tips.

    • Memang itu kendala di pemerintahan kita pak/bu, kalau seperti itu memang kembali ke pribadi masing-masing aparat, landasan moral dan motivasi dia bekerja untuk melayani masyarakat atau sebaliknya..

  • ass … pak knpa yah listrik dirumah kami selalu saja mati sendiri , kilometer pun tidak menyala ..

  • E.ktp katanya gratis
    Wong cerbon rakus duit…. Ngomonge gawe Ektp gratis…eh…
    Tetep bae ana ongkireee

    • Terima kasih atas masukannya pak bu, Bappeda saat ini tengah mengarahkan Kecamatan2 melakukan penyelenggaraan pelayanan KTP yang gratis kepada masyarakat..mohon ada masukkannya kalau masih ada hal seperti ini..

  • Tgl 14 sept 2016 saya dtg ke kecamatan kedawung kab crbn, perihal untuk membuat ektp, mutakhir KK dan juga surat kematian ibu saya. Ternyata saya kesiangan dan tdk bs ikut rekam ektp. Akhirnya saya bertanya dlu untuk prosedur mutakhir KK dan mengurus surat kematian. Lalu apa yg saya dpt? Saya dibentak oleh ibu2 yg bertugas dikecamatan tsb yg orang2 memanggilnya “ibu haji”. Dia tdk menjelaskan bagaimana prosedurnya dgn jelas, saya hanya disuruh dtg ke balai desa.

    Slanjutnya saya dtg k balai desa, dan saya jauh lebih dterima dan mdapatkan smua informasi yg saya butuhkan.

    Keseeokan harinya, saya sudah mengantri ektp jam7 pagi di kecamatan kedawung, dan alhamdulilah smua beres untuk urusan ektp. Lalu saya disuruh untuk masuk keruangan “ibu haji” untuk membereskan masalah KK,dan saat saya baru masuk lsg saya ditagih biaya sebesar 20rb rupiah untuk perekeman data ektp, dan saya tdk lsg membayar tp saya menjelaskan dlu untuk pemutakhiran KK saya. “Ibu haji” tersebut lsg mengambik KK saya yg asli dan mencatat nama saya di buku lalu saya ditagih biaya sebesar 55rb untuk KK dan ektp. Saya tdk banyak omong,dan saya lsg membayarnya tanpa saya dberikan struk atau penerimaan pembayaran, saya hanya dijanjikan ektp jadinya 3minggu dan KK jadinya sminggu.

    Saya bercerita k teman saya yg masih satu kecamatan dgn saya, dan teman saya pun bilang “pasti ibu haji yg mata duitan yah? Saya jg dulu bikin KK dijanjiin 3hari selesai dan bayar 75rb, stlh 3hari saya dtg ksana dbilangnya blm jadi n “ibu haji” itu berkelit dgn berbagai macam alasan.

    Bukannya smua itu gratis yah? Kenapa kami harus dibebankan biaya toh kami hanya berniat tertib administrasi sbg warga negara. Apa smua aturan di Indonesia ini hanya untuk dilanggar oleh oknum2 yang spt itu dan tidak ada tindakan tegas sama skali?

    Saya tdk meributkan besar atau kecilnya uang yg saya keluarkan untuk mengurus administrasi negara tapi apakah para oknum tersebut tdk puas dgn gaji dr negara? Toh kami jg yang menggaji mereka dgn kami yg membayar pajak. Mohon ditindak tegas para oknum2 didalam kecamatan kedawung. Buktikan revolusi mental spt kota jkt dan kota bandung, masa kota cirebon yg kecil saja kalah untuk urusan spt ini? Tolong ditindak tegas dan terapkan aturan yg jelas dan biarkan hukum berlaku di Indonesia, jgn hanya sebagai formalitas saja.

    Thanks

    • Memang permasalahan seperti ini selalu menghantui pemerintahan kita, tapi sebenarnya kami bappeda sudah menekankan seluruh kecamatan utk melakukan pelayanan KTP gratis dengan cara mengalokasikan anggaran utk kecamatan dalam rangka pelayanan KTP gratis… terima kasih atas masukannya..

  • Mohon untuk memperbaiki jalan di Desa Girinata menuju dukupuntang,,sudah sangat tidak layak di pakai ,di penuhi air layak nya kolam,,
    Terima kasih

    • Mohon utk disampaikan ke Dinas Bina Marga Kabupaten Cirebon untuk dikaji lokasi dan kewenangannya, karena biasanya harus disurvey dulu bu oleh Bina Marga..

  • Tolong tindak tegas aparat desa kecamatan kaliwedi yg malas.karna sudah banyak merugikan masyarakat.

  • Bikin EKTP dari bulan lalu, yang dbilangnya gratis ternyata gw harus bayar. Dijanjiin 3mgg jadi, pas dtagih tnyata ZONK!!! Dbilangnya ektp gw duplikasi jd gw hrs ngasi surat pindah dr Bandung, cuy itu 3taun lalu n udh gw kasih, logikanya kalau gw ga pnh ngasih surat pindah dr Bandung yg dikluarin dari Disdukcapil Bandung, gw gakan pnh py KK n KTP cirebon dari 3taun yg lalu!
    Sorry, gw taat administrasi n gw ga pnh mau nembak untuk urusan kaya gini!!
    Ditambah gw pembaharuan data KK karna nyokap udah gada, gw minta edit bbrp hal, n gw lsg diminta duit lagi untuk pebaharuan data KK. Hasilnya? ZONK! Status hubungan keluarga dtulis sbg “famili lain” emang gw nebeng, emang gw orang lain????? Nama gw salah diketik pula..
    Sumpah, ini pelayanan yang paling buruk yg pnh gw trima dari pemerintahan (terutama kecamatan kedawung-kab. Cirebon)!!!!! Ini yg namanya revolusi mental? Mental lo goblok smua! Apa2 harus pake duit, hasilnya NOL BESAR! Gw ngadu ke no WA Kemendagri or Disdukcapil, hasilnya NO RESPOND!
    Gw cuma mau taat administrasi dlm hal kependudukan knp dipersulit n harus diporotin gini sih?

    Ga usah so2an deh “melayani masyarakat” dgn embel2 “revolusi mental”, pencitraan doang, BASI!!! Ga usah pake sragam PNS, ga usah so2an tiap senin upacara bendera, kalo lo masih mengkhianati negri lo sendiri dgn kinerja yg buruk kaya gini!

    #muakamabirokrasi
    #emosijiwa
    #revolusimentalbobrok

    • Ok, terima kasih atas masukkannya..

    • Komentar ini telah ditanggapi langsung oleh Kepala Disdukcapil Kab. Cirebon :

      Bapak/Ibu Nurul Asri yth, atas aduan ibu/bpk kami sampaikan permohonan maaf atas pelayanan kami yang tidak sesuai harapan ibu/bapak.

      Untuk menyelesaikan dokumen kependudukan ibu/bpk, kami undang ibu/bpk ke kantor Disdukcapil Senin-Jumat pada jam kerja pkl. 07.00-15.30. Langsung ke Ruang Kepala Dinas Kependudukan, saya sendiri Syafrudin atau bertemu langsung dengan staf saya Anto di ruang server, dengan membawa Kartu Keluarga, KTPel, Ijazah, Akta Lahir, Surat Pindah dari derah asal dan dokumen lain yang terkait dengan bukti legal formal identitas ibu/bapak.

      Jika tidak ada dokumen-dokumen tersebut, ibu/bapak Nurul Asril dapat hadir dengan membawa dokumen yang ada/dimiliki. Karena perubahan data hanya dapat diubah harus dengan dasar legal formal.

      Kalaupun ibu/bapak tidak ada waktu untuk hadir di kantor, ijinkan saya silaturahmi ke rumah ibu/bapak Nurul Asri untuk mengetahui duduk permasalahan dan membantu menyelesaikan dokumen kependudukan ibu/bpk.

      Kepala Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Kab. Cirebon.

      Syafrudin

  • Waktu tunggu 2 bulan untuk pembuatan E-KTP,Permasalahan blanko yang habis,apakah tidak ada solusi untuk point ini…
    mohon kiranya agar bisa menjadi titik perhatian.

    #Untuk indonesia lebih baik#

  • Assalamu’alaikum
    saya Lutfi zakaria dari desa Bojong Kulon kecamatan Susukan
    pak saya punya keluhan tentang pembuatan KTP / E-KTP
    saya dan istri saya sudah lama rekaman untuk membuat eKTP, kira-kira sebelum bulan puasa tahun lalu (kalau tidak salah) tapi sampai detik ini masih belum jadi juga dengan alasan yang sama semenjak saya bikin yaitu ketiadaan blangko. bahkan sampai pergantian kuwu masih belum ada kejelasan
    sedangkan istri saya sudah jadi e-ktpnya kira 8 bulan yang lalu. itupun saya harus membayar Rp.100.000
    saya tidak tahu apakah hanya saya yang punya keluhan seperti ini atau ada yang lainnya

    tolong pak/ibu ada hal atau tindakan guna memperlancar pelayanan masyarakat di tiap desa dan kecamatan

    terimakasih.

  • Selamat malam admin, saya aszhari saya punya keluhan yang sama mengenai pembuatan e ktp, di kecamatan lemah wungkuk cirebon, saya membuat e ktp pada tanggal 06 september 2016 proses perekaman hanya 1 hari setelah itu saya di beri estimasi waktu selesai oleh petugas kecamatan sekitar 1 bulan, tanggal 06 oktober 2016 saya datang kembali ke kecamatan lemah wungkuk cirebon untuk pengambilan e ktp tersebut dan ternyata belum jadi, petugas kecamatan bilang jadinya sekitar 1 bulan lagi dengan alasan karena pembuatan e ktp terlalu banyak maka proses nya lama sekitar 2 bulan, yang jadi pertanyaan saya apakah benar selama itu pembuatan ektp?? Saya membaca berita dari dirjen kependudukan dan catatan sipil hanya 1 hari proses pembuatan e ktp selesai. Tolong untuk segera di tindak mengingat pentingnya ktp untuk saya pribadi terima kasih

  • Salam Admin, saya mau mengadukan dugaan penyalahgunaan oleh kelompok tani kab.Cirebon, kemana saya harus mengadukan? Terimakasih

    • Untuk pengaduan ini, bapak dan ibu dapat menyampaikannya kepada Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan, dan Kehutanan … namun memang belum ada saluran untuk pengaduan resminya bapak/ibu…

  • Perumahan arum sari wilayah kabupaten cirebon sering sekali mengalami mati air dari developer hingga 3hari dan terkadang berulang tiap pekan, ini sudah terjadi lebih dari 2tahun. Air adalah sumber kehidupan yang vital, sungguh ironis dimana tidak jauh dari pemukiman ini ada reklame dari gubernur tentang air. Mohon tindak lanjut dari pemerintah kabupaten menangani ketidakbecusan developer menangani urusan vital ini. Jika tidak mampu menyediakan air, jangan kasih idzin bangun perumahan dong.

    • Memang di Kab Cirebon masalah kebutuhan air bersih merupakan masalah yang belum bisa tertangani sepenuhnya, bahkan dibeberapa lokasi ada yang masih MCK, mencuci dipinggir2 sungai..untuk arum sari sudah lebih baik dari perumahan lainnya & sudah tersedia pdam walau sering macet..beberapa perumahan lain harus membuat air bersih komunal dari air tanah dalam.. masalah seperti ini dapat diselesaikan dengan pembuatan sumur bor kalau kondisi tanah bisa dibor sampai air tanah dalam… namun demikian terima kasih atas masukannya, sepertinya masalah ini hanya dapat diselesaikan oleh PDAM sebagai penyedia air bersih diperumahan tersebut..

  • Selamat siang,,
    saya mahasiswa yang ingin melakukan penelitian di pemerintah kabupaten cirebon. ke bagian apa saya meminta ijin untuk melakukan penellitian ini.??
    mohon bantuanya terimakasih

    • Untuk memperoleh ijin penelitian dapat ditanyakan & dibuat di Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kantor Kesbang Linmas) di Kota Sumber.. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *